LAZISNU

Hunian Sementara Karanggintung Diresmikan, Ini Peran LAZISNU Cilacap

Hunian Sementara (Huntara) terletak di Jalan Pelita KM 2, Rt 05 Rw 02, Dusun Pagergunung, Desa Karanggintung, Gandrungmanu, Cilacap kini telah seselai dibangun.

Sebanyak 24 KK yang terkena tanah bergerak sudah menetap di Huntara sejak Selasa (11/07).

PJ Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar meresmikan hunian sementara (Huntara) bagi warga terdampak tanah bergerak di Desa Karanggintung, Selasa (18/07). Peresmian ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti.

Hadir pada kegiatan tersebut sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Forkopimda Kabupaten Cilacap, Forkopimcam Gandrungmangu, pemerintah Desa Karanggintung, PMI Kabupaten Cilacap berbagai perusahaan seperti SBI Cilacap, Pertamina RU IV Cilacap, PT. Indonesia Power PLTU Adipala dan lainnya, serta berbagai Lembaga sosia dan warga masyarakat. Ada 24 Huntara yang dibangun di atas lahan seluas 2.862 meter persegi.

PJ Bupati Yunita Dyah Suminar menyampaikan terimakasih kepada LAZISNU Cilacap yang telah berpartisipasi membantu masyarakat di Desa Karanggintung, Gandrungmangu, Cilacap. Karena peran pemerintah di Kabupaten Cilacap harus di support oleh banyak pihak untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Kita tidak mau kemudian masyarakat yang menempati rumah resiko tanah bergerak masih disana, untuk itu dengan pelan-pelan pada masyarakat 24 KK yang terkena bencana tanah bergerak, mereka sudah bisa menempati Hunian sementara ini,”tambahnya.

Sampai saat ini, kelengkapan fasilitas Huntara sudah hampir mencapai 100 % hanya masih ada kekurangan lampu PJU. Meski begitu, BPBD sudah mengkoordinasikan dengan Disperkimta dan akan segera diindaklanjuti. “Kalau untuk air bersih, masih dalam pengawasan, karena untuk mengisi water torn yang ukuran 3.100 liter, volume yang didapatkan sekali penyedotan hanya mampu mengisi setengahnya (1.500 liter), sementara mulai shubuh hingga pukul 14.00 WIB sudah melakukan penyedotan 2 kali,” kata Erna.

Lanjut ketua LAZISNU Cilacap, Wasbah Samudra Fawaid, LAZISNU Cilacap berperan aktif ikut serta dalam pilar kemanusiaan yaitu pembangunan Huntara yang dilakukan oleh BPBD Kabupaten Cilacap.

NU Care LAZISNU Cilacap terlibat dalam pembuatan toilet umum sebanyak 8 toilet, pembuatan kelengkapan rumah berupa kaca, batuan berupa 24 karpet, water torn 3.100 liter Bersama PT Indonesia Power PLTU Adipala, dan instalasi air bersih,” terangnya.

Wasbah berterimaksih sekali kepada pihak-pihak yang terkait yang sudah turut membantu dan sahabat-sahabat yang telah mendonasikan hartanya melalui Gerakan Koin NU Cilacap. “Semoga bantuan ini bermanfaat dan meringankan beban para pengungsi sekaligus korban tanah bergerak tersebut,” jelasnya.

Salah satu warga, Kamsiyah, menceritakan pada saat kejadian rumahnya terkena tanah bergerak parah, kemudian dirobohkan “Alhamdulillah dengan hunian sementara ini saya dapat beraktivitas dengan nyaman, tidur nyenyak. Terimakasih lazisnu cilacap atas bantuan yang diberikan, semoga lazisnu cilacap berkah,” tuturnya.

NU Care LAZISNU Cilacap mengajak kepada masyarakat Indonesia untuk turut berdonasi membantu keperluan mendesak  warga yang terdampak tanah bergerak di Desa Karaggintung, Gandrungmangu.

Masyarakat yang ingin menyalurkan bantuannya dapat melalui nomor rekening BSI 7128 2188 87 ataupun Bank BRI di nomor rekening 0106 01 000667 567 atas nama Lazisnu Cilacap, konfirmasi donasi 081228221010. 

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *