LAZISNU

Galang Dana Kemanusiaan Lewat LAZISNU, Salah Satu Pernyataan Sikap PBNU untuk Bantu Masyarakat Palestina

Jakarta, NU Care
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) kembali menegaskan dan mengajak masyarakat agar menyalurkan bantuan bagi warga Palestina. Hal ini tertuang dalam 7 Poin Pernyataan Sikap dan Seruan PBNU atas Konflik Israel-Palestina.

“Sebagai bagian dari solidaritas kemanusiaan dan perwujudan ukhuwah basyariyah, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengajak seluruh warga Nahdlatul Ulama menggalang dana kemanusiaan guna membantu warga Palestina (termasuk menyisihkan Dana Infak Jumat mendatang) untuk kemudian dikoordinasikan penyaluraannya melalui Lembaga Amil Zakat Infak Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU),” demikian bunyi lengkap poin ke-7 pernyataan sikap PBNU yang disampaikan Ketum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) di Jakarta, pada Selasa (31/10/2023).

Pada kesempatan tersebut Gus Yahya mengungkapkan demi keselamatan seluruh umat manusia harus mengupayakan perdamaian antara Palestina dan Israel.

“Perdamaian itu mutlak untuk keselamatan seluruhnya, bukan hanya untuk keselamatan manusia Palestina saja, bukan hanya hanya demi keselamatan orang Yahudi Israel saja, tetapi demi keselamatan seluruh umat manusia, kita harus mengupayakan perdamaian ini,” ujarnya sebagaimana diberitakan NU Online.

Menurut Gus Yahya, berbagai kekuatan global yang ada, masih belum mau untuk sungguh-sungguh berupaya ke arah perdamaian yang  nyata itu. Berbagai kebijakan mereka masih didasarkan atas kepentingan-kepentingan subjektif masing-masing, belum atas nama kepentingan bersama dari seluruh umat manusia.

“Karena ini menyangkut masalah dinamika pertarungan antar kekuatan, kita tahu bahwa ini yang terjadi dinamika pertarungan antar kekuatan, apakah itu pemerintah Israel atau kelompok-kelompok yang bergerak untuk kemerdekaan Palestina itu sendiri. Kami berpikir untuk membuat langkah-langkah ini kami harus juga membangun strategi dengan pertimbangan konsolidasi kekuatan,” jelas Gus Yahya.

Adapun pernyataan lengkap PBNU tersebut dapat diakses melalui tautan ini

Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Wahyu Noerhadi

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *