NU Care Lazisnu Cilacap – Selasa (30/4), bekerjasama dengan Lembaga Falaqiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Cilacap mengadakan “Simulasi Hilal Awal Ramadhan dan Syawal 1440 H, serta teknik Rukyatul Hilal.” Acara ini bertempat di gedung PCNU Cilacap, ucapan selamat datang disampaikan oleh K.H Maslahudin Syukur selaku ketua LFNU Cilacap.
Disamping itu dihadiri oleh bapak H. Aziz Muslim selaku perwakilan kantor Kementerian Agama kabupaten Cilacap, K.H Su’ada Adzika selaku Rois Syuriah PCNU Cilacap, perwakilan pondok pesantren, Perwakilan MWCNU se Cilacap, Mahasiswa IAIIG & UNUGHA , tokoh agama dan jajaran manajemen eksekutif Lazisnu Cilacap

“Di kabupaten Cilacap menurutnya sangat langka diadakan kegiatan seperti ini, karena ini adalah kegiatan kerjasama antara Lazisnu Cilacap. Harapan adanya kegiatan ini agar betul-betul bermanfaat kepada kita semua, Amin.” Ungkap bapak Aziz selaku perwakilan Kementerian Agama pada saat sambutan

Selain itu tanggapan positif juga dikatakan oleh KH. Su’ada Adzkia, beliau mengatakan penghargaan dan terimakasih setinggi-tingginya dengan adanya kegiatan seperti ini yang dilakukan dengan semangat, dengan menggerakan seluruh komponen lembaga.

Sebagai acara inti narasumber Drs. Mutoha Arkanuddin selaku direktur Lembaga Rukyatul Hilal Indonesia memberikan materi, yang dimoderatori oleh bapak Misbahussurur dari LFNU Cilacap . Materi yang diberikan terkait dengan rukyatul hilal penentuan awal bulan Ramadhan dan syawal 1440 H.

“Menjelang Ramadhan seperti ini, kegiatan cukup bagus yang dilakukan NU sebagai Organisasi Masyarakat yang memegang teguh Rukyatul Hilal, maka dari itu ilmu-ilmu Rukyatul Hilal itu harus dikuasai, oleh generasi muda dari beberapa kalangan perlu mendapatkan ilmu tersebut. Rukyat tersebut tidak sekedar hanya taklid buta maka mempelajari ilmu itu sangat penting.” Tutur bapak Mutoha Arkanuddin saat diwawancarai

Disamping itu bapak Mutoha Arkanuddin sangat senang sekali dengan kerjasama yang kompak antara lembaga Falaqiyah dan NU Care Lazisnu Cilacap, tidak sekedar pelatihan yang sifatnya kecil seperti ini, tetapi pelatihan yang betul-betul bagi pemuda yang mana akan menjadi ahli falaqiyah yang bersertifikasi.

Kerjasama ini mengusung program SANADI (Santri Mengabdi) antara LAZISNU Cilacap dengan LFNU Cilacap. Dimana Santri Mengabdi adalah program NU Care Lazisnu Cilacap, yang mana program ini untuk mengapresiasikan kepada guru yang mengajar di tempat-tempat yang membutuhkan dari segi ilmu agama khususnya.

“Sangat mengapresiasi sekali dengan kegiatan ini. Menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat pada umumnya, karena tidak sekedar kita membantu berupa finansial seperti shodaqoh, infak, namun memberikan ilmu agama khususnya kepada masyarakat. Karena ini adalah generasi muda untuk menggantikan generasi tua, di masyarakat akan mendapatkan pengalaman itu, maka sangat perlu program ini diadakan.” Tegas bapak Mutoha Arkanuddin, saat diakhir wawancara. (Zahro)


admin

Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama yang menangani

2 Comments

Asrita Zahro · 1 May 2019 at 1:28 pm

Semoga selalu sukses NU Care Lazisnu Cilacap

    admin · 8 May 2019 at 2:47 pm

    Amin amin yarobbal’alamin, doain selalu yaaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *